Latest News

Jasa Konsultasi Psikologi



Apa itu Jasa Konsultasi Psikologi ?

Kita mungkin sering mendengar istilah Jasa Konsultasi Psikologi dikalangan masyarakat ketika kita berbicara tentang suatu permasalahan yang berhubungan dengan mental/pikiran, perasaan dan perilaku. Jasa Konsultasi Psikologi ini memang sangat dibutuhkan ketika kita sedang mengalami permasalahan dalam diri kita sendiri yang mana kita tidak mampu untuk menyelesaikannya sendirian. Layanan jasa ini sungguh sangat membantu kita dalam menyelesaikan berbagai masalah dan penyakit yang berhubungan dengan pikiran, perasaan dan perilaku yang kita anggap bermasalah. Tentu saja layanan jasa ini ada yang berbiaya mahal tetapi adapula yang biayanya Murah bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Untuk lebih memahami apa itu Jasa Konsultasi Psikologi, berikut akan saya jelaskan secara singkat pengertiannya. Konsultasi Psikologi sendiri atau yang biasa disebut dengan konseling merupakan suatu proses interaksi antara dua pihak, yaitu pihak yang membutuhkan bantuan (konseli/klien) dengan pihak yang mendapat keterampilan khusus memberi bantuan (konselor/helper) dalam suatu hubungan yang formal dan professional dalam membahas suatu permasalahan yang sedang dialami oleh (konseli/klien).
Berikut faktor pendorong terjadinya proses konsultasi psikologi/konseling:
·         Pada diri individu sendiri, yaitu adanya masa-masa kritis dalam setiap masa perkembangan individu, terutama masa remaja.
·         Pada kondisi di luar individu, misalnya perkembangan teknologi, nilai-nilai demokratis, nilai humanis versus pragmatis, nilai etika pergaulan, kondisi struktural dalam pendidikan dan kerja, transmigrasi dan urbanisasi, hubungan keluarga dalam arti fisik dan psikis/kejiwaan.
Sedangkan tugas yang harus dilakukan oleh konselor adalah mencari alternatif-alternatif yang dapat membantu klien dalam upaya meninggalkan pola lama, memfasilitasi proses pengambilan keputusan dan mendapatkan solusi masalah yang lebih tepat. Konseling ini akan berlangsung dalam sesi-sesi sebagai berikut :
·         Memulai mendefinisikan masalah.
·         Melanjutkannya dengan mencari alternatif.
·         Mengambil keputusan terhadap pilihan satu alternatif pemecahan masalah dan mengaplikasikan pilihan tersebut.
Peran dari seorang konselor disini adalah sebagai seorang sahabat dalam membantu menyelesaikan permasalahan klien tetapi juga harus tetap bersikap profesional dalam situasi apapun dan dengan siapapun. Seorang konselor tidak diperkenankan memberikan sugesti-sugesti tertentu yang dapat mempengaruhi pola pikir, tingkah laku, dan persepsi secara terpaksa, karena dalam proses Konsultasi Psikologi ini tidak ada unsur pemaksaan terhadap klien melainkan harus adanya kemauan yang besar untuk menyelesaikan masalah dari diri klien sendiri. Bila hal ini dipaksakan terhadap klien akan membuat klien sendiri semakin terancam secara psikis.
Konselor harus dapat membuat klien merasa nyaman berkonsultasi pada konselor tersebut, karena tujuan utama dilakukannya konseling pada klien adalah untuk mempengaruhi perubahan tingakah laku secara sadar, memudahkan perubahan tingkah laku melalui interview, mendengarkan dengan penuh perhatian, membantu orang lain untuk pemahaman diri sendiri, pembuatan keputusan/pemecahan masalah, sehingga klien tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat merusak diri ataupun merugikan orang lain.



Permasalahan Yang Dapat Diselesaikan Dengan Jasa Konsultasi Psikologi :

Sebenarnya terdapat berbagai macam jenis Konsultasi Psikologi ini sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi oleh klien-nya, diantaranya adalah Konsultasi Psikologi Anak, Konsultasi Psikologi Remaja, Konsultasi Psikologi Keluarga, Konsultasi Psikologi Rumah Tangga, Konsultasi Psikologi Pengembangan Kepribadian Diri, Konsultasi Psikologi Cinta atau Asmara, Konsultasi Psikologi Pernikahan dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun permasalahan yang sering diselesaikan dengan Jasa Konsultasi Psikologi ini adalah :
·         Masalah Anak
·         Masalah Remaja
·         Masalah Pernikahan
·         Masalah Rumah Tangga
·         Masalah Keluarga
·         Masalah Trauma
·         Masalah Phobia
·         Masalah Pengembangan Diri
·         Masalah Cinta/Asmara
·         Masalah Kepribadian
·         Masalah Berkomunikasi Dengan Orang lain

·         dsb.nya

0 Response to "Jasa Konsultasi Psikologi"